bor-pile inspirasi

menancapkan ide-ide kedalam otak, dengan mengeluarkan kata-kata didalamnya hingga tertanam tiang pondasi dari buah pemikiran yang kokoh..

Kisah dan Doaku Untukmu Nisma Aulia

(kisah antara aku & kamu)
Nisma sayang...
Hari demi hari telah kita lalui tidak bersama, dan juga ditempat yang berbeda..
Tanpamu semua tak sama.. Tanpamu semua berbeda..
Itu yang membuat waktu bersamamu menjadi begitu berharga..
Selayaknya orang yang mencintai, dia akan terus menyebut-nyebut nama orang yang dicintainya..
Itu juga terjadi padaku yang mencintaimu sayang.. 

Menyebut-nyebut namamu, mencintaimu yang berada jauh disana..
Banyak cerita yang telah kita lalui berdua sayang, baik cerita yang menyayat hati, maupun cerita yang mampu membuat kita tertawa bahagia, ada kalanya cerita itu datang dari diriku, dan ada kalanya cerita itu datang dari dirimu..
Tidak ada yang dapat menyelamatkan hubungan kita melainkan dengan saling memahami, mengerti kebutuhan dan peran kita masing-masing..
Maka, doakanlah aku, dan aku pula akan mendoakan dirimu, dan kita berdua bersama berdoa memohon petunjuk untuk menyelamatkan hubungan ini sesuai petunjuk Allah, bukan menurut petunjuk ego kita masing-masing..
Mintalah kepada Allah agar kita dapat mencintai kekurangan satu sama lain, karena yang sering menjadi masalah justru adalah kekurangan, bukan kelebihan..
Kita dipenuhi kekurangan sayang.. tidak ada yang sempurna dari diriku, dan tidak ada pula yang sempurna dari dirimu, karena semua yang sempurna adalah milik Allah SWT..
Allah yang telah memulai pertemuan kita, Allah jugalah yang akan mengakhiri hubungan kita.. tidak ada kuasa dari diriku untuk semua hal itu, aku berserah diri..
Namun aku senantiasa berdoa, meminta kamulah yang akan menemani diri ini tidak hanya disisa umur di dunia ini, tapi juga hingga di akhirat nanti...
Kamu bidadariku, kamu Nisma Aulia.. :')

Pendahuluan Perencanaan Ulang Jembatan Layang Jombor Dengan Tipe Box Girder Prategang Bentang Sederhana

BAB I

PENDAHULUAN



1.1       LATAR BELAKANG
            Jembatan layang (flyover) adalah suatu jembatan di atas jalan yang ada (eksisting road) yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan ruas jalan yang melintang sebidang, melayang menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas dan juga berfungsi untuk mengatasi hambatan karena konflik di persimpangan.
            Salah satu jembatan layang yang akan dibangun untuk mengatasi masalah persimpangan sebidang dan kemacetan lalu lintas di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah jembatan layang Jombor yang merupakan akses jalan masuk kota Yogyakarta dari kota Magelang serta berada tepat pada persimpangan jalan lingkar (ring road) utara kota Yogyakarta yang berada pada persimpangan antara jalan Solo Gamping dan kota Yogyakarta Magelang.
            Jembatan layang Jombor telah didesain menggunakan tipe struktur beton prategang twin box girder bentang menerus (continues beam), yang terdiri dari jembatan layang utama rute Solo - Gamping dan ramp Solo - Magelang.
            Salah satu tipe struktur jembatan adalah bentuk box girder. Box girder yang cukup langsing adalah dengan bentuk trapesium. Pada pemilihan bentuk penampang, tipe box girder sangat cocok untuk jembatan bentang panjang. Selain karena bentuknya yang langsing, juga karena dinilai memiliki kekuatan menahan momen lentur yang lebih tinggi dan kekakuan torsional yang lebih baik dibandingkan bentuk lainnya.

1.2       RUMUSAN MASALAH
            Bagaimana cara merencanakan jembatan prategang dengan tipe box girder penampang prismatis bentang sederhana (simple beam) pada jembatan layang Jombor.
 
1.3       MAKSUD DAN TUJUAN
            Maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui perencanaan secara lengkap tipe jembatan prategang box girder penampang prismatis dengan kemiringan gelagar sebesar 5%, satu pilar dan satu abutment sehingga dapat digunakan sebagai acuan perencanaan seluruh bentang gelagar prismatis, pilar dan abutment yang akan diterapkan pada jembatan layang Jombor.

1.4       BATASAN MASALAH
            Beberapa batasan masalah yang dipakai dalam penyelesaian tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.         Jembatan yang direncanakan adalah jembatan tipe I kelas A dari standar bangunan atas jembatan Departemen Pekerjaan Umum (DPU).
2.         Struktur jembatan layang yang digunakan untuk jalan raya berupa gelagar beton prategang bentang sederhana (simple beam) dengan jumlah bentang adalah 12 bentang, masing-masing bentang 50 meter.
3.         Gelagar yang digunakan berupa gelagar dengan penampang (section properties) box trapesium.
4.         Sistem prategang yang digunakan adalah pasca-tarik dengan tendon terekat (bounded tendon).
5.         Kabel prategang yang digunakan jenis Strand Uncoated 7 wire super strand ASTM A-416, Grade 270 fpu = 1860 MPa dan mutu beton prategang yang digunakan K-500, f’c = 41,50 MPa.
6.         Spesifikasi pembebanan: Standar acuan yang dipakai adalah Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan Bagian 2 Tentang Beban Jembatan Bridge Management System (BMS 1992), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Program Jalan. Lebar masing-masing lajur mengacu pada peraturan yang direkomendasikan pada BMS 1992 yaitu 3,5 meter, sehingga lebar total jembatan layang dan ramp untuk 2 lajur ditambah dengan kerb, median dan bahu jalan adalah 9 meter, sedangkan pertemuan jembatan layang dan ramp 3 lajur dengan kerb, median dan bahu jalan adalah 16,185 meter.
7.         Perencanaan meliputi:
a.   Perencanaan slab jembatan,
b.   Perencanaan gelagar (girder) jembatan (prismatis),
c.   Perencanaan abutment,
d.   Perencanaan pilar,
e.   Perencanaan fondasi.
8.         Perhitungan struktur atas pada perencanaan ini adalah pada gelagar lurus dan prismatis dengan lebar total gelagar 9,0 m dengan panjang bentang 50 m.
9.         Pada perencanaan ini gelagar yang memiliki kelengkungan/gelagar lengkung (ramp dari arah kota Solo menuju kota Magelang) tidak dihitung.
10.       Pengaruh temperatur tidak dihitung.
11.       Abutment yang dijadikan perhitungan pada perencanaan ini adalah abutment 2 dan 3 (A.2 dan A.3) yaitu abutment yang menumpu gelagar prismatis sekaligus gelagar yang mempunyai kemiringan (alinyemen vertikal) 5% seperti tampak pada gambar 1.2 dan gambar 1.3.
12.       Pilar yang dihitung pada perencanaan ini adalah pilar-5 (P.5) yang menjadi tumpuan gelagar dengan kemiringan paling besar yaitu 5,0% seperti tampak pada gambar 1.2 dan gambar 1.3.
13.       RAB tidak dihitung.
14.       Secara lengkap kondisi jembatan layang Jombor ditentukan sebagai berikut:
a.   Tipe jembatan layang                    : beton prategang profil box trapesium
b.   Panjang total jembatan                  : 350 meter
c.   Panjang total ramp                        : 250 meter
c.   Jumlah bentang                             : 12 buah (@ 50 meter)
d.   Lebar total jembatan                     : 9,0 meter
e.   Lebar perkerasan                           : 7,0 meter
f.    Jumlah pilar                                   : 10 buah
 
Adapun pembagian lebar total jembatan layang masing-masing profil gelagar (box girder) pada setiap bentang dari abutment ke abutment dengan rincian sebagai berikut:
1.         Jembatan Layang Kota Solo ke Gamping (2 lajur, satu arah)
a.   Abutment 1 – Pilar 1 (A.1-P.1)                  : 9,895 meter – 12,850 meter
b.   Pilar 1 – Pilar 2 (P.1 – P.2)                        : 12,850 meter – 16,185 meter
c.   Pilar 2 – Pilar 3 (P.2 – P.3)                        : 9,0 meter – 9,0 meter
d.   Pilar 3 – Pilar 4 (P.3 – P.4)                        : 9,0 meter – 9,0 meter
e.   Pilar 4 – Pilar 5 (P.4 – P.5)                        : 9,0 meter – 9,0 meter
f.    Pilar 5 – Pilar 6 (P.5 – P.6)                        : 9,0 meter – 9,0 meter
g.   Pilar 6 – Abutment 2 (P.6 – A.2)               : 9,0 meter – 9,0 meter
2.         Ramp Kota Solo ke Magelang (2 lajur, satu arah)
a.   Pilar 2 – Ramp 1 (P.2 – R.1)                     : 9,0 meter – 9,0 meter
b.   Ramp 1 – Ramp 2 (R.1 – R.2)                  : 9,0 meter – 9,0 meter
d.   Ramp 2 – Ramp 3 (R.2 – R.3)                  : 9,0 meter – 9,0 meter
e.   Ramp 3 – Ramp 4 (R.3 – R.4)                  : 9,0 meter – 9,0 meter
g.   Ramp 4 – Abutment 3 (R.4 – A.3)                        : 9,0 meter – 9,0 meter

1.5       KEGUNAAN STUDI
            Kegunaan studi pada penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu teknik sipil mengenai struktur jembatan yang diperoleh selama kuliah untuk dijadikan bekal dalam menghadapi dunia kerja di bidang konstruksi jembatan dan penyusun dapat melakukan perencanaan jembatan layang.

1.6       PETA LOKASI
            Jembatan layang Jombor berada di persimpangan jalan lingkar (ring road) utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan jalan Magelang. Lokasi jembatan layang dapat dilihat pada gambar 1.1.

Bersamamu, Ramadhan ini terasa indah..



Apakah kamu tau sayang bagaimana nasibnya Ramadhan ini tanpa adanya kamu disetiap puasaku? Selalu terselip di pikiranku, sehari-hariku dan doaku... (tapi tetep khusyuk kok InsyaAllah yang ibadah, hehe)
Mulai dari hari pertama hingga tutup sebulan penuh aku bersamamu... jujur dari hatiku yang paling dalam, aku bahagia, ... iya, aku bahagia ada kamu disampingku...
Meski jarang bertemu karena susahnya mengatur waktu, aku tetap berusaha agar dapat tau kabarmu, sms dan kadang kangen mendengarkan suaramu sayang...
Kembali aku bersyukur kepada-Mu Ya Allah atas karunia yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya ini... terimakasih telah menjadikan seorang wanita yang satu ini selalu ada untukku Ya Allah...
Kegiatan yang ada dalam bulan ini seperti sahur, buka puasa, tarawih, kebetulan tidak pernah terlewatkan bersamamu, complete lah... J
Saling membangunkan sahur, mungkin itu menjadi hal kecil yang menurutku sangat berarti untuk dapat diceritakan dikemudian hari biluar bulan ini...
Beberapa kali buka bareng, hmmm... yang aku ingat.... dimana aja  ya? Hahaha...
Tarawih, hmmm... critain ga yaa... J

Mungkin beberapa catatan pada ramadhan tahun ini agar dapat diingat dikemudian hari, diantaranya:
Bulan Ramadhan ini berlangsung setelah beberapa saat aku selesai melaksanakan KKN.
Menjelang bulan Ramadhan, Tanggal 19 Juli Hari Selasa juga pacarku ujian Blog 3.6 apa ya yang life style gitu...
Kemudian Tanggal 28 Agustus Hari Kamis pacarku ujian remed...
Hari pertama Bulan Ramadhan waktu itu tanggal 1 Agustus 2011...
Tanggal 3 Agustus Hari Senin pacarku ujian OSCE... (Ee, siangnya sempet belanja bareng tanteku juga, trus ketemu trus kangen tu gara2 ketemunya cuman sebentar)
Tanggal 8 Agustus Hari Senin pacarku ujian remed lagi...
Awal puasa yang susah juga untuk bertemu... Tapi gapapa, aku sabar menunggu dan mengerti keadaan itu...
Sembari pacarku belajar buat ujian, aku juga pulang kampung untuk ikut memikirkan masalah yang ada di rumah...
Akhirnya minggu kedua bulan puasa tiba, pacarku selesai ujian dan aku pun kembali ke jogja untuk mengurusi ini itu,..
Namun, lagi2 masalah waktu, pacarku bertugas jaga OSCE 2009 gitu.. Yaaa... nyusun ulang jadwal ketemuan lagi deh...

- ini jadwal jaga OSCE nya -

Tanggal 10 Agustus Hari Rabu pagi, aku berangkat kembali ke Jogja, menjemput pacarku yang pagi siang ada jadwal jaga OSCE...
Kesampaian deh buka bareng, waktu itu muter2 ga jelas tanpa tujuan, asal berdua aja aku seneng... Buka di Mie Aceh samping Jogja Jogja mamen.. Sholatnya pas dibelakang sampingnya ada masjid.. he
Tanggal 11 Hari Kamis pagi pacarku berjuang keras dapat tiket transformer hingga pada akhirnya nonton di hari itu juga...
Tanggal 12 Hari Jumat, karena tepar baru berangkat habis ashar buat Buka Bersama di rumah mbak Yusrina..

- buka bersama masakan Mba Yusrina -

Tanggal 13 Hari Sabtu, Libur pacaran ga enak ngajak anak orang pergi main terus :D
Tanggal 14 Hari Minggu baru pergi sama pacarku nganter nyari kerudung ke Pasar Beringharjo..
Tanggal 15 Hari Senin pacarku ada jadwal jaga OSCE..
Tanggal 16 Hari Selasa pacarku jadwal pagi jaga OSCE tapi mulai siang aku culik buat rencana Buka Bersama di lokasi KKN Dusun Nogosari (padahal aku masih KRS-an)...
(Pulang malem nganter pacar pulang ngeri sama camer buka pintu langsung masuk lagi...)
Tanggal 17 Agustus Peringatan HUT RI dirumah masing2 ngaso lagi2 takut bawa anak orang main terus.. haha
Tanggal 18 Hari Kamis Langsung deh kebelet kangen pergi nonton lagi Harry Potter, kebetulan bareng tanteku sama pacarnya (sebut saja Rissito C D M dan Ferry Sabri)
Tanggal 19 Hari Jumat, meski hari jumat tapi mau gimana lagi waktu udah mepet mau lebaran disempetin ketemu pagi tapi ya siang juga, sambil ngurus aku yang lagi KRS-an...
Kemudian Sorenya Buka bareng lagi deh di Rami*ten yang itu tu sesuatu banget lahhhhhh.... karena setelah itu aku pulang kampung Tanggal 20 Hari Sabtu pagi...
Kamu, kamu, kamu... yang paling bisa membuat aku tenang dan senang bersamamu...
Trimakasih yah udah sayang sama aku, berada selalu disampingku, mungkin sedikit crita tadi yang apaan banget bisa jadi ukiran kisah kita berdua...

- ijinin aku selalu disampingmu, :) -

Ramadhan ini terasa indah bersamamu...
Semoga kita diberi kesempatan di dunia ini langgeng berdua bersama selamanya... Amin... J

Keluarga Baru KKN Unit 151 Dusun Nogosari


"Awal mulanya masih asing malu-malu biasa saja tapi indah pada akhirnya." Mungkin kalimat itu adalah secuil dari kisah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlokasi di Dusun paling pojok dari Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Dusun Nogosari.
Setelah dilakukan pengelompokan oleh Kampus mengenai Unit Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, kami bergegas mencari tahu siapa saja yang menjadi anggota unit KKN kami, Unit 151 Lokasi Dusun Nogosari.

Pencarian dimulai melalui media sosial networking, f*cebook, tw*tter sampai meninggalkan nomor Handphone di papan pangumuman KKN pun teman-teman lakukan. Setelah saling tahu, kami melakukan “ketemuan” for the first sight, tapi belum semua anggota dapat hadir pada waktu itu. Saya hanya mengingat waktu itu nama Pramuningtyas N H, Gunarsih Mayasari, Septriyan Anugrah dan teman saya satu jurusan sendiri Aning Yustica Sari Abdullah yang juga tidak bisa hadir. Kemudian di pertemuan selanjutnya di Masjid Ulil Albab sambil merancang strategi muncul nama Endra Dica Pratama dan Yusron Asropi. Anggota pun lengkap bertujuh termasuk saya sendiri Arief Tiyas Novianto.

- KKN Unit 151 Full Squad -

Melaksanakan bimbingan, observasi adalah makanan sehari-hari sebelum kami ke lokasi KKN tersebut hingga pada akhirnya kami lepas landas menuju Dusun Nogosari tersebut.

- Mengerjakan LHO -

Cerita dimulai:
Kami adalah orang asing yang tiba-tiba mendatangi dusun yang belum pernah kami jumpai sebelumnya. Tepat dirumah Pak dukuh kami bertamu. Kami berjumpa dengan seorang Nenek yang mempersilahkan kami masuk, membuatkan minuman dan menemani kami sampai pada akhirnya Pak Dukuh pulang dan menyalami kami. Ya, Pak Dukuh itu bernama Pak Nardiharjo Winoto yang tidak kami sangka sebelumnya akan menjadi Bapak kami selama kami menjalankan KKN ini. Kami pun menyampaikan maksud dan tujuan kami ber-KKN disana sebelum pada akhirnya dikemudian hari kami akan menetap selama kurang lebih satu bulan.

- Yang Imut-imut dan Amit-amit -

Hari pertama pun tiba, setelah pelepasan Mahasiswa KKN, kami bergegas menuju lokasi. Semua barang kami letakkan diruangan yang menjadi kamar kami, kamar laki-laki di luar dan kamar perempuan di dalam. Malam pertama kami disambut dengan gembira oleh masyarakat setempat bertempat di pedukuhan tepat di depan rumah Pak Dukuh. Penyambutan itu sedikit banyak kami gunakan untuk sosialisasi penyampaian program KKN selama kami ada di lokasi serta bertukar pikiran apakah yang kami programkan sesuai dan dapat diterima oleh masayarakat atau tidak disamping masyarakat juga telah mempunyai program yang sedang berjalan ataupun yang akan dijalankan. Program pun telah mendapat persetujuan dari masyarakat untuk kami jalankan, baik program individu maupun program unit kami.

- Bersama Adek-Adek Nogosari -

Program unit kami diantaranya adalah Pengaktifan kembali TPA Nogosari, Pemisahan sampah Organik dan Anorganik, lomba memasak Kue Nogosari untuk Ibu-ibu dan lomba TPA anak-anak. Program pun dijalankan dengan penuh tantangan, khususnya program yang melibatkan anak-anak yang kami sendiri kualahan dalam menanganinya. Untuk itu kami dibantu oleh pemuda Nogosari daam pelaksanaan program-program kami. Diantaranya ada nama-nama Mas Sutar, Mas Sisus, Mas Catur, Mas Andri, Mas Budi, Mas Nohari, Mas Agung, Mbak Suis dan masih banyak lainya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Berkat mereka, semua program berjalan dengan baik tanpa halangan yang berarti.

- Adek-adek TPA Nogosari -

Hari-hari kami jalani dengan penuh suka cita meski ada persoalan yang dihadapi. Program, program dan program setiap hari. Mulai dari sholat berjamaah di Masjid kami tercinta Masjid Al-Iman, melaksanakan Amalan rutin mingguan dan selapanan giliran di rumah-rumah warga dari RT 01 sampai RT 07, arisan, mujahadahan serta diiringi musik hadrah Nogosari. Semua itu berkah buat kami KKN Unit 151 diterima dengan tangan terbuka oleh warga setempat. Alhamdulilah....

- Tidak lupa bermain Poker -

- Begini akibatnya (Pokerface) -

Masih banyak cerita yang tidak bisa kami tuliskan karena terlalu banyak, biarlah yang indah dan yang baik tetap menjadi kenangan dan yang kurang baik dibungkus rapat-rapat dan bibuang.

- Lomba memasak ibu-ibu -

Terimakasih banyak Warga Masyarakat Dusun Nogosari yang telah berkenan kami tinggali selama kami menempuh KKN di lokasi tersebut.

- Kaligrafi Adek-adek TPA -

Agar terus dapat mengingat sampai kapan pun melewati media ini, Seperti Pak Dukuh sekeluarga (Bu Dukuh, Simbah, Putri, Bakti dan si kecil Naya), Pak RT 01 Bapak Poniran, Pak RT 02 Bapak Parjan, Bapak RT 03 Bapak Sujono, Pak RT 04 Bapak Sunar Suyut, Pak RT 05 Bapak Anton Sodi, Bapak RT 06 Bapak Suroto, Pak RT 07 Bapak Bardi, yaitu Bapak-bapak RT pada waktu itu, Bapak-bapak Rois pada waktu itu, Ketua Karang Taruna Om Sutardi dan tak lupa pula Adik-adik TPA Nogosari pada waktu tersebut.
Kami insyaAllah akan tetap mengenang masa-masa KKN di Nogosari. Mungkin memang hanya sekejap mata, tapi bagi kami susah untuk melupakan meski seumur hidup kami.

- Bapak-bapak Nogosari (perwakilan) :) -

Keluarga baru itulah yang kami sebut-sebut pada awalnya. Saya selaku ketua Unit 151 mewakili teman-teman semua KKN Unit 151 mengucapkan banyak terimakasih dan mohon maaf atas tindak-tanduk kami yang kurang berkenan terhadap warga semua, nyuwun agunging samudro pangaksami. Semoga silaturahmi ini dapat dijaga sampai kapanpun alias selamanya.. Aminn..

- Perpisahan KKN Unit 151 Nogosari -

Pak Dukuh, terimakasih telah membimbing kami selama proses pelaksanaan KKN dan bersedia menjadi bapak kami meski hanya sekejap..

 - Pak Dukuh dan Si kecil Naya -

Beton Prategang (Prestressed Concrete)


Beberapa definisi:

1. Prategang Melingkar: Digunakan untuk struktur yang berbentuk lingkaran dan menggunakan beton prategang, seperti tangki bundar, silo, pipi, dan lain-lain, dimana tendon diiitkan sekeliling lingkaran.
2. Prategang Linier: Mencakup segala struktur diluar prategang melingkar, seperti balok dan pelat. Pada prategang linier, gaya prategang diberikan secara longitudinal disepanjang atau sejajar sumbu komponen struktur. Pemasangan tendon tidak harus lurus, tetapi dapat dibengkokkan atau dilengkungkan.
3. Sistem Pra-tarik (Pretension): Menggambarkan sistem dimana tendon ditarik terlebih dahulu sebelum beton dicor.
4. Sistem Pasca-tarik (Posttention): Merupakan kebalikan dari sistem pra-tarik, disini beton dicor terlebih dahulu, setelah beton mencapai umur / kekuatan tertentu baru tendon ditarik.
5. Kabel: Sekumpulan tendon, atau pusat gravitasi baja (cgs) dari seluruh tendon.
6. Tendon: Nama lain dari tulangan-prategang, dapat berupa kawat, batang, atau strand (untaian kawat) yang terbuat dari baja mutu tinggi, untuk memberikan gaya prategang pada beton.
7. Angkur: Suatu alat yang umumnya digunakan pada sistem pasca-tarik, yang memungkinkan tendon memberikan dan memelihara gaya prategang pada beton. Angkur yang biasa dipakai adalah sistem Freyssinet, Magnel, Dywdag, BBRV, dll.





(A.Kadir Aboe, 2006)

Nismaku, ibarat Ainun untuk seorang Habibie


Nisma Aulia, sosok wanita dewasa. Melalui wanita satu ini, mengajariku bagaimana menghadapi persoalan hidup.

Tulisan ini hanya serpihan kecil cerita bagaimana aku begitu mencintainya, yang sudah tidak lagi muat tertampung media. Menjadi kenangan di kemudian hari agar tidak terhapus karena sudah kualahan dimana harus menyimpannya..

Selalu memberikan semangat dikala aku lesu, jatuh, dan mengeluh..

Rajin membangunkanku setiap subuh, mendoakan hari-hariku, membangun good-mood-ku menghadapi hari yang menanti, begitupun untuk esok hari, esoknya, dan esok harinya lagi, terus, tanpa keluh kesah..

Mengingatkan apa yang menjadi tugasku, menemaniku belajar, membesarkan hatiku saat aku merasa kecil, menanyakan bagaimana kabarku disetiap harinya, sentuhan-sentuhan itu mendorongku untuk segera melakukan sesuatu, dan malu bermalas-malasan menjadi pria tidak berguna..

Wanita yang paling bisa membuatku jatuh cinta disetiap harinya.. Mulai dari mengingatkanku jangan sampai lupa makan hingga untuk terus berjuang menghadapi rasa kantuk, lelah, dan besarnya masalah..

J “Ada Nisma disampingku, terimakasih Ya Allah.”

08...

08...
angka yang tak berujung...
angka yang mengalir...
angka yang tak terputus...

Posting Lama Beranda

 

Total Tayangan Laman

Entri Populer

Labels

Buku Tamu

Recent Posts

arief_tn

arief_tn

Followers

Blog Roll

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger